Gelar Budaya sebagai Wadah Kreativitas Insan Seni

      Salah satu rangkaian Gelar Budaya 2019 yaitu Lomba Tari yang diselenggarakan pada Kamis (25/07/2019) di Solo Grandmall.

Tahun ini, BKKT kembali selenggarakan Gelar Budaya melalui tajuk “Nirwana Nusabudaya” dengan berbagai rangkaian acara yang dilaksanakan mulai Senin (22/07/2019) hingga Sabtu (27/07/2019).

Dengan mengusung konsep perlombaan tari, rangkaian Gelar Budaya 2019 dimulai dengan technical meeting pada tanggal 22 tersebut. Adapun pelaksanaan perlombaan digelar pada tanggal 25 Juli yang diikuti oleh peserta yang merupakan mahasiswa UNS. Peserta yang mengikuti perlombaan dapat sebagai kelompok ataupun individu untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

Mendatangkan ketiga juri yaitu Yazhienta Natalia, Citra Wahyu Arsiani, dan Indiarni Gunawan, seluruh peserta dinilai melalui beberapa kategori, antara lain ide gagasan, kreativitas, musik, komposisi, gerak, ekspresi, busana, rias, dan properti. Dari perlombaan itu, tiga peserta yang berhasil menyabet juara adalah Riris Srigayuh sebagai juara 1, Rizki Hafhshah Ekayana sebagai juara 2, serta UKM UPKD FKIP UNS sebagai juara 3.

Puncak rangkaian Gelar Budaya 2019 adalah Peringatan HUT BKKT ke-42 dan Malam Puncak Gelar Budaya 2019. Dimulai dengan Peringatan HUT pada sore hari, acara berlangsung dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua UKM BKKT UNS 2019, Bagas Reista Prias Ragil Putra. Bagas berharap dengan menginjaknya umur 42, BKKT dapat terus bisa mewadahi insan seni baik di dalam maupun luar UNS.

Acara dilanjut dengan Malam Puncak Gelar Budaya 2019 dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan seperti Kolaborasi Tari Ganongan Barongan dan Jathilan, Tari Bajidor Kahot, dan Sesaji Kuncara Bangsa yang merupakan karya baru dari BKKT yang dibawahi langsung oleh alumni dengan menggaet Indiarni Gunawan sebagai pengarah gaya. Para pemenang lomba juga menampilkan ulang tarian yang dibawakannya saat perlombaan. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah pada pemenang lomba dan juga tayub.

                                                              Malam Puncak Gelar Budaya 2019

Gelar Budaya sendiri merupakan acara dua tahun sekali yang diselenggarakan UKM BKKT UNS untuk memberikan wadah kreativitas bagi siapapun baik dalam bentuk festival, perlombaan, maupun sebuah pertunjukkan. Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun BKKT yang diperingati pada Bulan Juli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *