You are currently viewing APRESIASI SENI – GELAR TARI JAWA TENGAH

APRESIASI SENI – GELAR TARI JAWA TENGAH

Pada tanggal 4 Maret 2023, Bidang Pelatihan, Pengembangan,dan Penelitian. Ormawa Kesenian Tradisional BKKT UNS telah menyelenggarakan apresiasi seni. Apresiasi seni ini berupa menonton bersama Gelar Tari Jawa Tengah #1 secara offline dan online baik dari pengurus maupun anggota BKKT UNS.

Gelar Tari Jawa Tengah #1 ini merupakan sebuah acara yang menyajikan karya-karya dari berbagai sanggar di wilayah Jawa Tengah. Untuk penampil nya sendiri yaitu dari Sanggar Greget Semarang, Forum Silaturahmi Sanggar Tari Kabupaten Klaten, Sanggar Sang Citra Budaya Surakarta, Sanggar Paringga Jati Raras Kabupaten Pati. 

Sajian pertama yaitu Tari Bedhayan Endang Sejamila yang dibawakan oleh Sanggar Greget Semarang. Tarian Bedhayan yang cukup bagus, pemilihan properti juga sangat tepat mungkin hanya kurang sedikit lama dalam memainkan properti. Penggunaan pola lantai juga sangat bervariatif, tetapi pada peralihan gerakan dari lembut ke perang sedikit kurang halus. Dari segi kostumnya sendiri menurut kami kurang menguntungkan, karena warna yang dipilih dominan warna putih dan tidak begitu jelas saat dilihat dari segi penonton.

Penampil kedua yakni Tari Kidung  Rowo Jombor dari Forum Silaturahmi Sanggar Tari Kabupaten Klaten. Sebuah tarian yang ditarikan oleh anak-anak yang menceritakan Rowo jombor yang berada di Kabupaten Klaten. Membawakan suasana perairan yang syahdu yang membuat penonton terkesima dalam menikmatinya. Jika dilihat dari pola lantainya, sudah bagus dan rapi, namun penggunaan properti tombak masih kurang maksimal dalam pengolahannya. Pemilihan kostum sudah bagus dan sederhana sehingga terlihat jelas saat di panggung dan tidak mengganggu penari dalam bergerak.