APRESIASI SENI – International Mask Festival 2022

Pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 pada pukul 19.30 WIB yang dilaksanakan di Pendapa Prangwedanan Pura Mangkunegaran Surakarta dan di Channel Youtube SIPA Festival. Dalam pertunjukan International Mask Festival 2022 di hari ke 2 kali ini, International Mask Festival 2022 menyajikan tarian yang dilengkapi dengan properti utama topeng. Di rangkaian acara ini, kami menyaksikan beberapa jenis tarian bertopeng yang berasal dari berbagai daerah  baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Tidak hanya tarian, dalam acara ini juga ada pameran topeng serta penjualan topeng dari berbagai seniman yang ada di Indonesia khususnya.

Adapun beberapa contoh karya tari yang disajikan yaitu seperti Tari Kemantren Langenpraja dari Solo, Sanggar UKM SEBA UNKHAIR dari Maluku Utara, SIRISOOK Dance Theater dari Thailand, Cristina Duque dari Equador, Uti Setyastuti dari Yogyakarta, The Kaizen M. D Collective dari Singapore, dan masih banyak lagi. 

“Pertunjukannya menarik, banyak wacana yang dihadirkan. Memang tarian yang ditampilkan bertema topeng, tetapi banyak issue yang diangkat dari berbagai budaya. Bahkan tarian dari tamu asing, mengangkat tarian dengan musik khas india dipadukan musik chinese tapi tetap ada unsur alam. Yang mengangkat tentang manusia dengan segala duniawinya yg kembali ke spiritual yg pada akhirnya kembali pada Tuhan. Kostum kostum penari menarik dan ada kreasi dan pengembangan. Untuk lighting yang bisa diambil adalah fokus cahayanya disesuaikan dengan tema dan fokus yg ingin disorot dalam sebuah tarian.” (Johana Hesti Indreswari)

“Menurutku saya, pertunjukan internasional mask berdasar dalam penarinya, sangat mengagumkan karena dalam berjalannya waktu dalam menari mereka juga bisa meng improvisasi penyampaian pesan sedalam itu, walau ada yang belum aku ketahui maksud dari tari tersebut, karena saya yang bukan pengamat seni termasuk dalam tarian apalagi tari topeng itu menurut saya bagus banget perform dari mereka. Perihal kostum, menarik apalagi ada yang kostum yang tidak melulu dengan perhiasan dengan benda topeng melainkan mereka melukis diri dan kreatif dalam memberi aksesoris di kondenya, itu suatu kreator yang membuat saya kagum bisa ikut mengapresiasi karya-karya tari topeng di IMF 2022. perlightingan nya pas sesuai dengan irama dan suasana penyajian. Hanya saja saat ditayangkan di layar lebar video agak delay dari penari aslinya dan ditaruh di dekat penari saat menari, jadi membuat ketidak fokusan dalam mengamati secara langsung” (Zelika Fernanda Sari)

“Tariannya unik-unik karena berasal dari berbagai daerah maupun negara, pembawaan sang penari juga sangat bagus dan memiliki ciri khas masing-masing. Sedangkan kostum yang dipakai penari pun sesuai dengan apa yang ditarikan dan beberapa ada yang sangat indah. Mengenai lighting dan iringan juga sangat pas, karena membuat panggung lebih menyala.”  (Wanda Azizah Wahyu Febriana)

“Pertunjukan yang sangat menarik, yang menampilkan tarian dan topeng dari berbagai mancanegara, penampilan dari penari dan seniman yang unik, lighting dan iringan yang sangat mendukung dan sangat mewah.”(Dyah Ajeng Pangesti)

“Tariannya bermacam-macam, keren dari berbagai negara juga. Dan temanya juga berbeda beda. Untuk kostum juga beragam dan punya ciri khasnya masing masing. Untuk pencahayaan dan iringannya juga sudah sangat bagus.” (Nova Dwi L)

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam pertunjukan International Mask Festival 2022 ini sudah sangat baik dan bagus. Dilihat dari segi kepenariannya sudah sangat baik dalam membawakan tariannya. Jika dilihat dari pembawaan topeng juga sangat unik, menggambarkan cerita yang dibawakan dari berbagai daerah maupun manca negara. Dari segi penokohan juga sudah cukup bagus karena dapat membangun dan membawa suasana menjadi lebih dihidup jika ditinjau dari cerita nya. Dari kostum dan lighting juga sangat mendukung peran dan tokoh yang dibawakan. Dari segi iringan, dijumpai banyak iringan yang unik dan menarik karena beragam nya alat musik yang digunakan dalam penyajian karya tersebut. Harapan kami, Semoga kita dapat mengapresiasi karya seni seperti International Mask Festival ini lagi di lain kesempatan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *