You are currently viewing UKM BKKT UNS Raih Juara Harapan 1 di Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah dengan Tarian “Ruwat”

UKM BKKT UNS Raih Juara Harapan 1 di Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah dengan Tarian “Ruwat”

 Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Kesenian dan Kebudayaan Tradisional (UKM BKKT) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (PEKSIMIDA) yang diadakan di Isi Surakarta. Event bergengsi yang diikuti oleh 25 universitas dari seluruh Jawa Tengah ini menjadi ajang unjuk kreativitas dan bakat seni mahasiswa, dengan UKM BKKT UNS tampil memukau melalui tarian berjudul “Ruwat”.

Tarian “Ruwat” yang dibawakan oleh UKM BKKT UNS mengangkat tema tradisi ruwatan dalam budaya Jawa, yang merupakan ritual penyucian atau pembersihan dari hal-hal buruk. Dengan gerakan yang penuh makna dan kekuatan, tarian ini berhasil menggambarkan esensi dan kedalaman ritual ruwatan. Kompetisi PEKSIMIDA yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan berbagai macam pertunjukan seni dari para peserta. Tarian “Ruwat” yang dibawakan oleh UKM BKKT UNS berhasil menarik perhatian para juri dan penonton dengan segi tata panggung yang menawan serta penyampaian yang penuh penghayatan. Meskipun persaingan sangat ketat, UKM BKKT UNS mampu menunjukkan kualitas dan dedikasi mereka dalam melestarikan seni tradisional.

Persiapan panjang dan latihan intensif yang dilakukan oleh anggota UKM BKKT UNS terbayar dengan pencapaian ini. Meski mendapatkan Juara Harapan 1 di ajang PEKSIMIDA Namun itu juga merupakan prestasi yang membanggakan dan menjadi bukti bahwa seni tradisional masih sangat relevan dan diapresiasi di kalangan generasi muda.

Ajang PEKSIMIDA ini tidak hanya menjadi kompetisi, tetapi juga wadah untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah. Melalui partisipasi dalam event ini, UKM BKKT UNS berkontribusi dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya tradisional Jawa kepada generasi muda lainnya.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh anggota UKM BKKT UNS untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat seni mereka. Partisipasi dalam PEKSIMIDA juga mempertegas komitmen UKM BKKT UNS dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Dengan pencapaian ini, UKM BKKT UNS tidak hanya membawa nama baik Universitas Sebelas Maret, tetapi juga membuktikan bahwa semangat dan dedikasi dalam seni tradisional dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan. Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia.